Visi dan Misi

Visi AMIK Depati Parbo Kerinci :

Pada Tahun 2025, menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Propinsi Jambi

Visi Program Studi :
Pada Tahun 2025, menjadi Program Studi Manajemen Informatika yang unggul di Provinsi Jambi khususnya dibidang Multimedia dan sistem Informasi

Misi Program Studi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menghasilkan Ahli Madya Manajemen Informatika dan Komputer yang cakap, memahami, mengembangkan dan menerapkan ilmu di bidang multimedia dan sistem informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang berorientasi dibidang manajemen informatika dan komputer yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi untuk menghasilkan sumber daya yang kompeten, kreatif dan inovatif dalam bidang manajemen informatika dan komputer.
  4. Mengembangkan kerjasama dan membangun jejaring yang sinergis dengan berbagai pihak baik tingkat lokal dan nasional di bidang Tridharma Perguruan Tinggi

Tujuan Program Studi :

  1. Menghasilkan sarjana vokasi Diploma III Manajemen Informatika yang professional, unggul, terdepan, kompeten dan berkualitas dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan sistem Informasi
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan temuan-temuan yang berkualitas untuk pengembangan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu Program Diploma III Manajemen Informatika.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat serta berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang sinergis, fungsional, dan humanis dalam bidang tridarma perguruan tinggi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Program Diploma III Manajemen Informatika Depati Parbo Kerinci membagi atas tiga jangka waktu yaitu:

Tujuan jangka pendek (2017-2018):

Lulusan  memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang prinsip, konsep, terminologi, dan tujuan Program Manajemen Informatika dan Komputer khususnya dalam bidang multimedia dan sistim informasi dengan mengintegrasikan tridarma perguruan tinggi, penerapan pembelajaran reflektif, dan teknologi informasi.

Tujuan jangka menengah (2018-2020):

  • Memprakarsai dan mengatasi masalah manajemen informatika dengan memanfaatkan iptek di wilayah Provinsi Jambi.
  • Melaksanakan kerjasama antar lembaga pemerintah dan non-pemerintah ditingkat lokal dan nasional

Tujuan jangka panjang (2020-2025):

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam teori keilmuan dan praktek lapangan di bidang Ilmu Manajemen Informasi dan komputer sehingga dapat merancang dan membuat sistem Informasi serta aplikasi multimedia.
  • Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak terkait guna mengembangkan dan meningkatkan mutu Program Diploma III Manajemen Informatika dan Komputer antar lembaga pemerintah dan non-pemerintah ditingkat internasional.

Sasaran dan Strategi Pencapaian :

Untuk mencapai tujuan 1: Menghasilkan sarjana vokasi Diploma III Manajemen Informatika & Komputer yang professional, unggul, terdepan, kompeten dan berkualitas dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan sistem Informasi.

Sasaran : Terwujudnya lulusan sarjana vokasi Diploma III Manajemen Informatika & Komputer yang professional, unggul, terdepan, kompeten dan berkualitas dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan sistem Informasi.

Strategi: Peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan melalui upaya pengembangan dan penyempurnaan metode dan substansi pembelajaran agar menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan yang tinggi di bidang Manajemen Informatika dan Komputer berdasarkan standar kompetensi yang meliputi ;

  1. Peningkatan kualitas lulusan melalui peningkatan kualitas input calon mahasiswa dalam bidang Manajemen Informatika dan Komputer.
  2. Peningkatan pembelajaran dari para praktisi
  3. Peningkatan proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas (studi lapangan).
  4. Peningkatan kompetensi dosen dalam bidang akademis dan praktis

Untuk mencapai tujuan 2 : Menghasilkan karya ilmiah dan temuan-temuan yang berkualitas untuk pengembangan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu Program Diploma III Manajemen Informatika Komputer.

Sasaran : Terwujudnya  penelitian yang berkualitas untuk pengembangan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu Program Diploma III Manajemen Informatika Komputer.

Strategi  : Meningkatkan mutu penelitian yang berorientasi pada peningkatan mutu Program Diploma III Manajemen Informatika Komputer,yakni :

  1. Peningkatan/pengayaan materi yang mengaju kepada penelitian.
  2. Mengevaluasi pernyataan yang berkaitan dengan Manajemen Informatika Komputer berdasarkan fakta.
  3. Mengaplikasikan prinsip, konsep, teori dan metode sesuai bidang kajian.

Untuk mencapai tujuan 3: Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat serta berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sasaran : Terwujudnya kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat yang berhubungan dengan pengembangan ilmu Manajemen Informatika Komputer.

Strategi : Meningkatkan pengabdian masyarakat yang berhubungan dengan pengembangan ilmu Manajemen Informatika Komputer.dalam :

  1. Peningkatan pengetahuan dibidang iptek khususnya TI.
  2. Menyusun rencana.
  3. Menggunakan teknologi dan aplikasi.
  4. Berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Untuk mencapai tujuan 4 : Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama yang sinergis, fungsional, dan humanis dalam bidang tridarma perguruan tinggi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Sasaran : Terwujudnya kerjasama yang sinergis dan fungsional dan humanis dalam bidang Manajemen Informatika & Komputer, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Strategi : Melakukan MoU dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.